Selasa, 19 Oktober 2010

Robot Cantik Bisa Menari Lincah

Media Monitoring, Analysis and Tracking, Information System Consultant, Software-Web Develoment and Maintenance, Computer Network Supply and Installation, Purchasing Service
Cakrajiya Ciptana (CCi)
http://www.cc-indonesia.com

robotcantikmenari.jpg picture by jazz_cries

Masih ingat dengan HRP-4C? Robot humanoid asal Jepang ini sudah mencatat sederet prestasi. Dia pernah memukau publik saat berlenggak lenggok menjadi model catwalk dan menyanyikan lagu. Kini, si cantik itu memperlihatkan kelihaiannya menari bersama penari sungguhan!

Selain kemampuan barunya tersebut HRP-4C juga kini bisa dioperasikan hanya dengan menggunakan tetikus. Gerakannya pun kian lentur dan gemulai hampir menyerupai manusia.

Dilansir Daily Mail dan dikutip detikINET, Selasa (19/10/2010), pada sebuah ajang pameran yang dihelat National Institute of Advanced Industrial Science
and Technology (NIAIST) di Tokyo, Jepang, robot berambut sebahu ini memperlihatkan kepiawaiannya.

Dalam kesempatan itu, NIAIST yang merupakan organisasi riset publik terbesar di negeri sakura itu mengklaim telah mengembangkan software yang memungkinkan siapa saja, bahkan yang tanpa keahlian robotik sekalipun bisa membuat program untuk menggerakkan robot.

"Dengan software ini, kami berharap bisa membuat sebuah robot humanoid berakting, menyanyi, bahkan berlenggak-lenggok mengenakan pakaian indah," kata salah satu peneliti NIAIST, Shinichiro Nakazawa.

Tim robotik dari NIAIST mendandani HRP-4C dengan balutan pakaian berwarna kuning cerah dan menyertakan para penari sunguhan dengan pakaian serupa untuk menemaninya menari sambil menyanyi di atas panggung.

Dengan menggunakan tetikus, pengontrol bisa dengan mudah menciptakan gerakan sulit sekalipun, seperti berputar dan melompat. Software NIAIST juga bisa mengkalkukasikan kejutan-kejutan tertentu yang ditampilkan si robot, contohnya saat melompat-lompat naik turun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar