Minggu, 24 Oktober 2010

Mobil, Pesawat dan Helikopter Presiden Amerika

Media Monitoring, Analysis and Tracking, Information System Consultant, Software-Web Develoment and Maintenance, Computer Network Supply and Installation, Purchasing Service
Cakrajiya Ciptana (CCi)
http://www.cc-indonesia.com

Cadilac One



Produk ini dikeluarkan oleh General Motors (GM) Cadillac, yang didesain khusus untuk melindungi orang nomor satu AS tersebut dalam kegiatan dinas kesehariannya.
Limousine yang biasa disebut The Beast ini memiliki spesifikasi khusus layaknya tank perang untuk melindungi nyawa Obama. Meski Secret Service AS pada awalnya tidak melansir detail Cadillac One kepada publik dengan alasan keamanan, namun akhirnya detail tersebut terkuak juga ke masyarakat.

Chassis mobil ini tidak berbeda dengan rangka truk berukuran medium, dan diperkuat dengan kevlar dan logam setebal 5 inch di bawah mobil untuk menahan ledakan bom dan granat. Sementara, Body mobil ini merupakan perpaduan eksterior Cadillac STS and DTS, yang dibuat dari baja hardened (yang dikeraskan), titanium, aluminium dan dilapis keramik untuk menahan serangan peluru penembus metal.

AIR FORCE ONE



Tidak peduli ke manapun Presiden Amerika bepergian antar pulau, maka ia akan menggunakan pesawat jet yang dikenal dengan nama Air Force One. Secara teknis, nama Air Force One adalah julukan dari setiap pesawat Angkatan Udara yang membawa Presiden Amerika. Dalam kenyataannya, Air Force One yang digunakan merujuk pada seri pesawat Boeing 747-200 dengan kode 28.000 dan 29.000.

Air Force One adalah salah satu simbol yang paling dikenal dari Presiden Amerika, tidak hanya dikenal di Amerika saja, namun simbol tersebut sudah dikenal di dunia. Air Force One dihiasi dengan kata dan bendera Amerika.

Pesawat ini mampu melakukan pengisian bahan bakar di udara, sehingga Air Force One memiliki jangkauan tak terbatas dan dapat membawa Presiden ke manapun. Air Force One dilengkapi dengan peralatan komunikasi canggih yang aman, yang memungkinkan pesawat untuk berfungsi sebagai pusat komando mobile jika suatu saat terjadi serangan terhadap Amerika Serikat.

Di dalam pesawat ini, Presiden Amerika dan rombongannya dapat menikmati 4.000 meter persegi luas lantai, yang terbagi dalam tiga tingkat, termasuk sebuah suite yang luas khusus untuk Presiden yang memiliki kantor besar di dalamnya, termasuk kamar mandi dan ruang konferensi. Air Force One juga memiliki suite medis yang dapat berfungsi sebagai ruang operasi termasuk dokter.

Air Force One juga memiliki tempat bagi mereka yang mendampingi Presiden, termasuk penasihat senior, petugas Secret Service dan tamu lainnya. Beberapa pesawat kargo biasanya terbang di depan Air Force One untuk menyediakan berbagai layanan yang dibutuhkan oleh Presiden jika melakukan perjalanan di daerah terpencil.

Air Force One dikelola dan dioperasikan oleh Airlift Group, bagian dari Kantor Militer Gedung Putih. Grup Angkutan Udara ini didirikan pada tahun 1944 sebagai Kantor Pilot bagi Presiden, yang dimulai dari Presiden Franklin D. Roosevelt. Pada tahun 1962, Presiden John F. Kennedy menjadi Presiden pertama yang terbang di dalam pesawat jet sendiri, yaitu sebuah Boeing 707. Selama bertahun-tahun, beberapa pesawat jet lainnya telah digunakan, salah satunya adalah pesawat Air Force One ini, yang telah digunakan sejak tahun 1990, saat tahta kepresidenan dipegang oleh George HW. Bush.

Marine One



Penggunaan pertama helikopter untuk transportasi kepresidenan dilakukan pada tahun 1957, ketika Presiden Amerika Eisenhower membutuhkan cara cepat untuk mencapai rumah musim panas. Air Force One terlalu besar untuk perjalanan singkat tersebut, sementara lalu lintas akan terganggu oleh perjalanan presiden dalam iring-iringan mobil yang jumlahnya dapat membuat kemacetan di beberapa ruas jalan. Eisenhower memerintahkan stafnya untuk menyiapkan transportasi alternatif, dan pada akhirnya, sebuah Sikorsky H-13 yang berbentuk sebuah helikopter ditugaskan untuk membawa presiden. Namun pada awalnya, helikopter ini kurang nyaman karena tidak memiliki toilet.

Pada tahun 1958, H-13 digantikan oleh Sikorsky H-34, dan pada tahun 1961 oleh VH-3A. Tidak lama setelah modus transportasi dengan menggunakan helikopter diperkenalkan kepada presiden, maka di Gedung Putih segera disiapkan zona pendaratan helikopter kepresidenan, lengkap dengan sarana penyambutan protokoler.

Pada tanggal 16 Juli 2009, untuk pertama kalinya, Marine One terbang dengan berawak seluruhnya perempuan, sebagai penghormatan atas Mayor Jennifer, wanita pertama yang pernah membawa presiden dengan helikopter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar